Friday, September 11, 2009

magazine project


 BACKGROUND
Sejarah keberadaan majalah sebagai media massa di Indonesia dimulai pada massa menjelang dan awal kemerdekaan Indonesia. Di Jakarta pada tahun 1945 terbit majalah bulanan dengan nama Pantja Raja pimpinan Markoem Djojohadisoeparto dengan prakarsa dari Ki Hadjar Dewantoro, sedang di Ternate pada bulan oktober 1945 Arnold Monoutu dan dr. Hassan Missouri menerbitkan majalah mingguan Menara Merdeka yang memuat berita-berita yang disiarkan radio republic Indonesia. Di kediri terbit majalah berbahasa Jawa Djojobojo, pimpinan Tadjib Ermadi. Seperti yang kita ketahui, pada saat ini teknologi dunia sudah semakin canggih dan seiring na perkembangan jaman, media komunikasi sperti majalah pun makin berkembang pesat. Majalah adalah ibarat jembatan komunikasi antara manusia dengan dunia. 


Dilihat dari sisi lain, perempuan saat ini kurang memperdulikan dirinya, contohnya komunikasi yang tidak baik denagn orang tua ataupun teman, bahkan kurang berkomunikasi dengan dirinya sendiri, sehinnga membuat mereka tidak percaya diri. Sebagai contoh lain, maraknya pergaulan bebas di antara kaum remaja, ini disebabakan kurangnya pendidikan dan penyuluhan kepada kaum remaja. Mengingat dunia fashion juga sangatlah berkembang, kebutuhan wanita untuk berpenampilan menarik pun semakin meningkat. 
Itu semua adalah sebagian dari ulasan-ulasan masalah yang ada pada saat ini. Karena itulah majalah ini ada untuk membantu semua persoalan kaum perempuan. Dimulai dari fashion, pendidikan, entertainment, lifestyle semua ada di dalam ulasan majalah ini. Dengan harapan dapat menambah wawasan, ketrampilan, kepedulian terhadap yang lain dan lingkunagn sekitar, dan meningkatkan keprecayaan diri kaum remaja perempuan, PT. KREATIF INDONESIA menerbitkan majalah CHIC untuk membantu menyelesaikan dan memberi solosi tebaik untuk masalah yang ada pada kaum remaja perempuan.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------   
*konten di bawah ini hanyalah karangan belaka dalam rangka memenuhi  syarat penilian dalam mata kuliah desktop publishing*
CONCEPT ANALYSIS
WHAT.. is it?
Majalah ini bernama CHIC, sebuah majalh fashion yang mengulas seputar kebutuhan  remaja perempuan saat ini.

WHY..is it created?
Majalah CHIC ada untuk membantu semua persoalan yang meliputi kebanyakan masalah pada kaum perempuan dengan memberikan informasi yang berkaitan dan akurat, dan lebih tepatnya memberikan informasi fashion yang up to date, serta wawasan dan edukasi dengan menggunakan bahasa dan isitlah yang memang hidup dalam percakapan remaja sehari-hari, dan juga menjadi “teman” sejati yang selalu ada untuk mereka.




WHEN.. is it published?
Untuk pertama kalinya CHIC di resmikan dan launched pada tanggal 20 Desember 2008 dan siap untuk beredar di masyarakat pada tanggal 1 Januari 2009. CHIC adalah majalah bulanan yang terbit satu kali dalam sebulan, lebih tepatnya terbit setiap tanggal 1 di awal bulan. Pertimbangan ini dibuat karena awal bulan adalah saat yang tepat untuk memulai hal yang baru bagi CHIC dan juga awal yang baru bagi pembacanya.
WHERE.. is it available?
Majalah ini akan didistribusikan di tempat-tempat yang strategis yang mudah ditemui oleh para target market dan target audiencenya. Tempat yang dimaksud seperti : Toko buku (Gramedia, Karisma, Bookstore, dll), mall, kios-kios majalah, dan supermarket. CHIC juga di distribusikan di kota-kota besar seluruh pulau Jawa, Sumatra dan Bali.


WHO.. is the target?
Yang menjadi target audience dan target market dari majalah kami adalah perempuan, yang dimulai dari para pelajar tingkat SMA sampai tingkat mahasiswa yang tentunya menyukai dunia fashion dan entertainment dan mempunyai hobi membaca.



DEMOGRAPHICAL FACTOR
Age                  : 16-23 tahun
SES                   : B, C1 dan C2
Gender            : Female
Occupation      : Student and College/ University Student
Positioning      : CHIC merupakan teman yang setia dan selalu ada bagi pembacanya.



HOW.. much the price is?
Dalam menentukan harga majalah ini, kami menggunakan strategi penetrasi, yaitu menjual dengan harga yang murah pada saat sebuah produk masuk ke pasarnya untuk mendapatkan pelanggan. Karena itu harga majalah ini cukup terjangkau dan bersaing dengan majalah lainnya, yaitu Rp 13.000,- untuk Pulau Jawa, dan Rp15.000,- untuk Luar Pulau Jawa. Harga disesuiakan dengan “jatah kantong” remaja dewasa.



 ---------------------------------------------------------------------------------------------------
SWOT ANALYSIS


Strenghts
  • Memberikan informasi, wawasan, edukasi dan hiburan yang berkualitas, dipandu oleh orang-orang yang telah berpengalaman dalam dunia perempuan dan fashion.
  • Menyajikan informasi yang lengkap dan up to date dari dalam dan luar negeri.
  • Memberikan referensi yang berguna bagi pembaca di tanah air.
  • Menggunakan kualitas bahan produksi yang terbaik.
  • Harga yang terjangkau.
  • Mudah di dapat di toko buku atau kios-kios majalah.
  • Tersebar di kota-kota besar P.Jawa, Sumatera dan Bali.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan isitlah yang memang hidup dalam percakapan remaja dewasa sehari-hari.
  • Mempunyai pegawai yang profesional sehingga dapat memberikan mutu terbaik.
  • Dapat diakses secara online

    Weaknesses
    • Belum terlalu dikenal masyarakat, karena tergolong produk baru
    • Belum dapat menjangkau tingkat internasiona 
     
    Opportunities
    • Banyaknya fashion brand yang membutukan media promosi dan iklan yang tepat.
    • Banyaknya pecinta fashion di kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, Surabaya, Medan dan BaLi.
    • Menjadi sponsor acara-acara tertentu dalam rangka memperluas nama brand agar lebih dikenal.
    • Banyaknya organisasi sosial dan lingkungan dimana CHIC dapat bergabung untuk menciptakan image dan awareness.

    Threats
    ·        Banyaknya kompetitor seperti majalah-majalah fashion, majalah remaja lain yang telah memiliki pelanggan setia. Contoh kompetitor langsung adalah Gogirl!, Cosmogirl, Gadis, Aneka yess!, LOOKS, dll. Contoh kompetitor tidak langsung adalah Tabloid GAUL, Majalah Impor, dll.
    ·        Krisis global yang baru terjadi pada akhir tahun 2008 yang membuat banyak orang “jatuh” sehingga daya beli menurun dan berpengaruh pada dunia fashion.
    ----------------------------------------------------------------------------------------------------------
    TECHNICAL CONCEPT



    CHIC berukuran A4 dan berjumlah 50 halaman, sengaja dalam format A4 adalah agar mudah dibawa kemanpun dan tidak membebani karena terlalu berat. Stiap terbitannya, CHIC mempunyai rubrik tetap yang akan di bahas dalam setiap edisinya, tentunya dengan tema yang bebeda, yaitu
    ·        Fashion Trend Alert
    ·        Health and Beauty
    ·        Cover Scene
    ·        Feature of Theme
    ·        Life style
    ·        Recent Issues
    ·        Celebrity



    Coloring
    Untuk logo CHIC kami sengaja tidak mementukan warna yang  tetap bagi logo itu sendiri, krena kami adalah majalah bertemakan fashion maka kami mengikuti warna yang sedang banyak sebagai salah satu taktik untuk menarik pembeli. Misalakan tahun ini di dunia fashion Ungu sedang menjadi Color Trend fashion. Untuk edisi pertama ini kami memilih warna putih sebagai tanda permulaan.
    Tipografi 
    Jenis font : MISTRAL
    CHIC mempunyai arti “FASHIONABLE”, sesuai dengan tema majalah kami. Kami menentukan bentuk logo seperti ini adalah sabagi bentuk dari image majalah kita sendiri yaitu simpel dan elegan. Mencerminkan ke-luwes-an, karena CHIC adalah flexible dan mengikuti perkembangan jaman. Diawali hufur “C” karena melambangkan sifat sosial, dan sangat penting untuk memiliki hubungan, kedekatan dan kebersamaan. Iutlah salah satu objective dari CHIC sendiri yaitu sebagai “teman”. CHIC  ingin traget audience nya secara sosial dapat diterima dan berpenampilan menarik.
      
     CONTOH ISI MAJALAH
     
     
     

    No comments:

    Post a Comment