Monday, September 28, 2009

a Little About Pluralism


TUGAS AGAMA

1.      Bagaimana pendapat anda tentang pluralisme?
Menurut saya pluralisme dapat dikatakan sebagai salah satu ciri khas masyarakat modern dan kelompok sosial yang mengakui dan menerima perbadaan dengan segala kekurangan dan kelebihannya, menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain.

2.      Dari 3 sikap tentang kerukunan anda berada pada sikap yang mana? Jelaskan mengapa!
Dari 3 sikap tentang kerukunan saya berada pada sikap pluralism karena didalam keluarga saya terdapat beberapa kepercayaan tetapi saya tetap menghargai kepercayaan yang berbeda dari saya, saya juga tidak pernah menggangap kepercayaan saya yang paling baik. Menurut saya setiap kepercayaan sama tujuannya namun hanya memiliki cara yang berdoa yang berbeda.

3.      Sebutkan kendala-kendala pluralism yang terjadi di Indonesia?
·        Masih banyak masyarakat masyarakat kita yang fanatic akan kepercayaan yang di anut, atau menganggap kepercayaan mereka lah yang paling bagus sehingga mereka tidak mau saling berbagi (primodialisme)
·        Banyak pula masyarakat yang rasisme (SAR)
·        Sikap mengisolasi diri. Maksudnya, menutup mata akan perbedaan-perbedaan yang ada di sekeliling dan memandang kelompok lain "salah" dan kelompoknya yang "benar".
·        Etnosentrisme, yaitu suatu sikap yang cenderung bersifat subyektif dalam memandang budaya orang lain.

4.      Bagaimana pendapat anda tentang pluralisme jika di kaitkan dengan ”Yohanes 14:6” ?
      ”kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalu tidak melalui Aku.”
Bahwa sesungguhnya, semua orang akan disatukan pada akhirnya nanti oleh ALLAH. Makka dari itu kita sebagai manusia sosial haruslah saling menerima dan terbuka terhadap kelompok lain.

5.      Dari 2 sikap toleransi  anda pilih yang pasif minimal atau yang aktif maksimal dan jelaskan mengapa?
Toleransi maksimal / positif / aktif karena saya dapat membantu, meghargai dan menghormati orang lain untuk mencapai suatu kesatuan pada akhirnya, sedangkan jika saya memilih toleransi yang minimal maka saya akan menjadi orang yang egois dengan tidak mempedulikan orang lain dan itu bisa memicu terjadinya konflik antar sesama.

No comments:

Post a Comment