Wednesday, September 30, 2009

Komunikasi Interpersonal, Intrapersonal, Internal


Komunikasi Interpersonal
• Definisi berdasarkan psikologi,
Digambarkan sebagai suatu komunikasi antara dua individu atau sedikit individu, yang mana individu-individu tersebut secara fisik saling berinteraksi, saling memberikan umpan balik, (baik secara verbal ataupun non-verbal) yang mendorong terjadinya hubungan positif terhadap rekan, keluarga, dan klien bisnis, sehingga dapat membangun rasa percaya diri, simpati, dan saling ketertarikan satu sama lain.

• Definisi berdasarkan menejemen,
Proses memahami orang lain di luar diri kita sendiri atau organisasi lain yang memudahkan kita untuk memprediksi bagaimana pola pikir individu tersebut, bagaimana pendapat dan perasaan mereka terhadap sesuatu hal yang menyangkut kepentingan organisasi. 

• Kesimpulan:
Terlihat jelas perbedaannya, dimana dalam sisi psikologi, seseorang melakukan komunikasi interpersonal itu untuk memahami sesama untuk kepentingan pribadi. Sedangkan dalam sisi menejemen, komunikasi dilakukan oleh anggota organisasi untuk berkomunikasi dengan orang diluar organisasi.

Komunikasi Intra-personal
•Definisi berdasarkan psikologi,
Proses psikologis dengan penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri, sebagai proses pendalaman atau pemahaman terhadap diri sendiri, dan proses menghargai diri sendiri. Dimana seorang individu menjadi pengirim sekaligus penerima pesan, memberikan umpan balik bagi dirinya sendiri.

• Definisi berdasarkan menejemen,
Proses pengolahan informasi yang terjadi dalam diri komunikator sendiri dalam proses menyikapi suatu permasalahan dalam suatu organisasi ataupun dalam proses berpikir kreatif, yang melibatkan emosi dan motivasi dalam prosesnya.

• Kesimpulan:
Di sisi psikologi, komunikasi ini terjadi untuk memahami diri sendiri. Namun dalam sisi menejemen, komuikasi ini terjadi sebagai proses berpikir tentang langkah baik dalam suatu organisasi.

Komunikasi internal
• Definisi berdasarkan menejemen,
Proses pertukaran atau penyampaian pesan, ide, gagasan, secara horisontal dan vertical berserta informasi berupa perintah, larangan, pelimpahan wewenang, pemberian intruksi, nasihat, kebijaksanaan, tindakan pendisiplinan, program kerja dalam suatu system menejemen organisasi. dan lainnya. Komunikasi yang ditujukan untuk internal organisasi melalui berbagai media dan kegiatan : news letter, majalah dinding, intranet, dsb.

• Definisi berdasarkan psikologis,
Proses komunikasi yang terjadi secara internal dalam menyampaikan informasi, gagasan, emosi, misalnya dalam suatu keluarga, persaudaraan atau daerah tertentu, dengan menggunakan simbol-simbol seperti kata-kata, dll.

• Kesimpulan:
Dari sisi menejemen, komunikasi ini terjadi pada orang-orang yang masih termasuk dalam ruang lingkup suatu organisasi, sebagai contoh: komunikasi antara bawahan ke atasan, atasan ke bawahan, atau sesama jabatan tertentu. Sedangkan, dari sisi psikologis, mereka yang berkomunikasi mempunyai hubungan erat untuk saling bertukar pesan atau informasi, misalnya dalam keluarga : orang tua ke anak-anak mereka, atau sebaliknya.

No comments:

Post a Comment